Global Warning

Global warning atau dalam bahasa Indonesia yang artinya pemanasan pada bumi, yang terjadi akibat adanya perubahan kenaikan suhu pada bumi. Perubahan kenaikan suhu yang terjadi mempengaruhi adanya perubahan iklim bumi diberbagai belahan dunia. Hal ini berkaitan dengan salah satu factor yang sangat mempengaruhi adanya perubahan yang disebabkan oleh tangan manusia. Akibat ulah manusia ini, setiap tahun adanya kenaikan suhu bumi yang terjadi. Salah satu contohnya, banyak pohon yang ditebang yang kemudian didirikannya bangunan pencakar langit yang menggunakan kaca sehingga membuat panas matahari yang masuk kedalam bumi dipantulkan kembali kedalam bumi. Ini membuat lapisan ozon yang selama ini melindungi bumi menjadi berlubang. Hal ini sangat mengkhawatirkan, karena adanya global warning dapat membuat perubahan pada iklim maupun alam. Salah satunya, mencairnya lapisan es dikutub utara maupun selatan, yang mengakibatkan kenaikan air laut yang dapt membuat beberapa daratan tenggelam.

Pendapat saya untuk mengurangi global warning dapat dilakukan dari diri sendiri, dengan menjaga lingkungan tetap bersih. Dibatasi pembalakan liar hutan yang setiap tahun bertambah menjadi gundul. Masyarakat harus sadar betul bahwa sekarang global warning sedang dialami sehingga peduli akan lingkungan menjadi lebih tinggi. Mengurangi penggunaan plastic dapat dilakukan oleh semua kalangan karena plastic merupakan benda yang sulit untuk diurai secara alami. Maka dari itu, diperlukannya daur ulang agar sampah khususnya plastic tidak mencemari lingkungan.

Selain masyarakat, pemerintah pun juga harus turut andil dalam membantu proses pelestarian lingkungan, dengan memberikan undang-undang pelestarian lingkungan agar masyarakat yang tidak ingin mengikuti peraturan dapat diberikan sanksi tegas. Pemerintah juga membantu dalam memberikan kampanye tentang pentingnya pelestarian lingkungan kepada seluruh masyarakat.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentinganya pelestarian lingkungan, membuat lingkungan menjadi kotor dan menimbulkan banyak penyakit. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Masyarakat malas membuang sampah pada tempatnya karena kurang fasilitas tempat pembuangan sampah khususnya di tempat umum serta kurang kepedulian.

Pembalakan liar yang semakin luas membuat kita kehilangan banyak udara sehat karena huta yang sebetulnya ditutupi oleh pohon-pohon banyak ditebang untuk mencari keuntungan semata. Hal ini jleas diperlukan tindakan tegas oleh pemerintah agar tidak semakin luas. Perluanya kejelasan bahwa seberapa besar masyarakat boleh mengambil kayu dari hutan dan tindakan atau sanksi jika adanya pelanggaran.

Dengan demikian, bahwa global warning timbul akibat masyarakat itu sendiri dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat itu sendiri sehingga dapat membahayakan umat manusia serta alam dan seisinya. Hal ini tidak akan terjadi jika manusia sadar akan pentingnya lingkungan sehat. Maka cintailah lingkunganmu seperti kamu mencintai dirimu sendiri.

Leave a comment